Thursday, October 24, 2019

Desain Logo Polisi Perempuan ( Polwan ) Kepolisian Nasional Republik Indonesia ( Polri )

Request Logo by Novi Ali Murdani
Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap masalah kejahatan yang melibatkan kaum perempuan baik korban maupun pelaku kejahatan.
Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948, berawal dari kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, dimana terjadinya pengungsian besar-besaran pria, wanita, dan bawah umur meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh polisi, namun para pengungsi perempuan tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh polisi pria.
Untuk mengatasi duduk kasus tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka "Pendidikan Inspektur Polisi" bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi terpilihlah 6 (enam) orang gadis remaja yang kesemuanya berdarah Minangkabau dan juga berasal dari Ranah Minang, yaitu:
  • Mariana Saanin Mufti
  • Nelly Pauna Situmorang
  • Rosmalina Pramono
  • Dahniar Sukotjo
  • Djasmainar Husein
  • Rosnalia Taher
Ke enam gadis remaja tersebut secara resmi tanggal 1 September 1948 mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Sejak ketika itu dinyatakan lahirlah Polisi Wanita yang erat dipanggil Polwan. Keenam Polwan angkatan pertama tersebut juga tercatat sebagai perempuan ABRI pertama di tanah air yang sekarang kesemuanya sudah pensiun dengan rata-rata berpangkat Kolonel Polisi (Kombes).
Tugas Polwan di Indonesia terus berkembang tidak hanya menyangkut duduk kasus kejahatan wanita, bawah umur dan remaja, narkotika dan duduk kasus manajemen bahkan berkembang jauh hampir menyamai banyak sekali kiprah polisi prianya. Bahkan di penghujung tahun 1998, sudah lima orang Polwan dipromosikan menduduki jabatan komando (sebagai Kapolsek). Hingga tahun 1998 sudah 4 orang Polwan dinaikkan pangkatnya menjadi Perwira Tinggi berbintang satu.
Kenakalan bawah umur dan remaja, masalah perkelahian antar pelajar yang terus meningkat dan masalah kejahatan perempuan yang memprihatinkan remaja ini yakni tantangan amat serius Korps Polisi Wanita untuk lebih berperan dan pertanda eksistensinya di badan Polri. Hingga ketika ini juga sudah ada Polwan yang memegang jabatan sebagai Kapolres.

Sumber artikel :  Wikipedia

Untuk Melihat daftar logo menurut kategori atau sub kategori tertentu silahkan pada daftar di bawah :
  1. Kumpulan Logo/Lambang Militer Indonesia
  2. Logo/Lambang Korem Seluruh Indonesia
  3. Kumpulan Logo Kepolisian Republik Indonesia ( Polisi Republik Indonesia )
  4. Kumpulan Logo Muhammadiyah
  5. Logo Bank Seluruh Indonesia
  6. Logo Polda Seluruh Indonesia
  7. Logo Kota di Seluruh Indonesia
  8. Logo Kabupaten Seluruh Indonesia
  9. Logo/Lambang Provinsi Seluruh Indonesia
  10. Logo Batalyon Infanteri (Yonif) Seluruh Indonesia
  11. Kumpulan Logo Badan Usaha Milik Negera (BUMN)
  12. Kumpulan Logo Asuransi di Indonesia
  13. Logo Politeknik Seluruh Indonesia
  14. Logo Universitas Seluruh Indonesia
  15. Logo Partai Politik Indonesia
  16. Kumpulan Logo Perusahaan
  17. Kumpulan Logo Baru Indonesia
  18. Kumpulan Logo Lama Indonesia
  19. Logo Kodam Seluruh Indonesia
Dan dibawah ini yakni daftar Logo kategori Militer yang ada di Blog saya :

0 comments:

Post a Comment

 

Resources

Travel

Labels